Rabu, 25 Februari 2015

PEMUTAKHIRAN DATA EMIS SEMESTER GENAP TP.2014/2015

Kepada Yth.
  1. Pengawas Madrasah
  2. Kepala RA/Madrasah Negeri dan Swasta
  3. KKM MI/MTs/MA dan IGRA
Se Kabupaten Lamongan
Menindaklanjuti surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Nomor : Kw.15.2/5/PP.00/819/2015 tanggal 20 Februari 2015 dan surat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor : DJ.I/Set.I/OT.01.1/526/2015 tanggal 18 Februari 2015 tentang Pemutakhiran Data EMIS Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015, maka dengan ini kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut :
  1. Seluruh Pengawas Madrasah dan Lembaga RA/MI/MTs/MA baik Negeri maupun Swasta wajib melakukan pemutakhiran data EMIS semester Genap TP. 2014/2015 sesuai dengan petunjuk pengisian dengan seksama;
  2. Data EMIS merupakan data pokok ( penting ) bagi Lembaga RA/Madrasah, yang digunakan sebagai acuan kebijakan pusat dalam melakukan Perencanaan alokasi BOP, Perencanaan alokasi BSM, Akreditasi, Proses Sertifikasi Guru, Pemberian bantuan (Sarpras), Pengajuan NPSN, Pengusulan NISN, serta Penyusunan Database Pendidikan Islam. Maka data EMIS harus tersedia secara lengkap dan terupdate secara tepat waktu. Oleh karena itu, kami mohon saudara untuk mengisi secara lengkap sesuai dengan format dan panduan yang sudah ditentukan.
  3. Form Aplikasi EMIS (excel ofline) semester genap TP.2014/2015 berbeda dengan aplikasi semester ganjil sebelumnya, maka mohon untuk mengunduh file yang terbaru (update). yang terdiri dari 4 File ( Lembaga, Personal, Siswa, Lulusan ) dan bisa didowload disini.
MEKANISME ENTRY DAN PENGUMPULAN DATA
  1. Apabila data emis semester ganjil tidak ada perubahan maka untuk memudahkan/mempercepat proses entry data EMIS Semester Genap, Operator lembaga bisa melakukan copy paste data emis Excel semester Ganjil ke dalam form emis Excel semester Genap dengan syarat menggunakan Paste Values. Jangan sampai Paste biasa.
  2. File excel yang sudah diisi lengkap agar disimpan baik-baik sebagai bahan upload pada aplikasi desktop (aplikasi menyusul menunggu infromasi berikutnya) serta guna persiapan upload EMIS Online Semester Genap.
  3. File excel ( Lembaga, Personal, Siswa, Lulusan ) dimasukkan kedalam 1 folder diberi nama folder NSM_NamaMadrasah, contoh : 111235240004_MI Islamiyah Dinoyo selanjutnya diserahkan ke KKM Masing-masing.
  4. Selanjutnya Operator KKM/IGRA Kecamatan mengumpulkan File dari beberapa lembaga dimasukkan ke dalam 1 folder diberi nama file KKM_Jenjang Kecamatan contoh KKM_MI Deket dijadikan *zip,*rar kemudian di email dengan alamat emislamongan@gmail.com dengan judul email : EMIS KKM_Jenjang_Kecamatan………….. contoh : EMIS KKM_MI Deket atau dikirim dalam bentuk soft copy ( CD ) ke seksi Pendma paling lambat tanggal 05 Maret 2015.
  5. File yang diemail/dikirim ke Seksi Pendma akan kami gunakan untuk membantu apabila operator lembaga tidak berhasil atau kesulitan melakukan upload desktop maupun online.
Demikian atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih.

Download surat resmi Kemenag
Download surat edaran dirjen Pendis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar